Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu GTM ? Penyebab dan Cara Mengatasi GTM pada Anak

Apa itu GMT ?

GTM ialah Gerakan Tutup Mulut yang dilakukan bayi ketika memasuki tahap MPASI ( Makanan Pendamping ASI).

GTM ialah Gerakan Tutup Mulut

Penyebab Terjadinya GMT

Penyebab GTM pun bermacam-macam seperti sedang tidak lapar,  bosan, sakit,  dan kadang juga terjadi karena ada trauma terhadap makanan tertentu atau proses makannya itu sendiri. 

Karena panik dan bingung, kadang membuat orangtua menjadi lebih permisif pada anak yang menjadikan orang tua membiarkan anak hanya makan roti atau biskuit yang disukai anak atau hanya minum susu saja, bahkan orang tua biasanya mencari vitamin penambah nafsu makan untuk anak.

Bahkan untuk membuat anak agar mau makan, biasanya orangtua mengajak anaknya untuk berkeliling kompleks dan jalan-jalan sembari menyuapi makanan.

Dampak ketika Anak GTM

  1. Bisa menyebabkan anak Kurang gizi
  2. Bisa menyebabkan masalah komunikasi terutama artikulasi dalam bicara, karena otot-otot motorik oral lemah yang bisa menyebabkan bicara pun kurang jelas.
  3. Lebih mudah marah dan emosional karena artikulasi bicaranya kurang jelas, jadi membuat orang lain sulit mengerti yang disampaikan.
  4. Faktor diatas juga bisa menyebabkan anak sulit bersosialisasi.

Cara menangani anak GTM

  1. Buatlah lingkungan yang menyenangkan untuk makan anak.
  2. Latih anak makan di meja makan dan membiasakan anak agar makan bersama keluarga di meja makan. 
  3. Mengatur jadwal minum susu, makanan utama dan makanan ringan (snack) agar anak terbiasa seperti misalnya untuk makanan utama itu tiga kali sehari (pagi,siang,sore/malam), untuk makanan ringan dua kali sehari diwaktu antara makan pagi-makan siang dan diantara makan siang-malam , nah untuk susu bisa diberikan dua - tiga kali sehari yaitu kisaran 500-600 ml/hari.
  4. Batasi waktu makan dengan tidak boleh melebihi 30 menit.
  5. Biasakan anak untuk makan sendiri. Jika anak memberikan tanda tidak mau makan seperti memalingkan kepala dan menutup mulut atau menangis, cobalah tawarkan kembali tanpa memaksa. Jika setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan akhiri saja proses makannya.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat anak GTM

  1. Jangan memarahinya dan memaksanya untuk makan.
  2. Anak jangan dibiasakan makan sambil melakukan aktivitas lain seperti bermain, berjalan-jalan, naik sepeda dll.
  3. Ketika makan, jangan memberikan minuman selain air putih.
  4. Makanan jangan dijadikan sebagai hadiah


Demikianlah sedikit pembahasan tentang Apa itu GTM ? Penyebab dan cara mengatasi GTM pada anak, semoga bisa menjadi seferensi kita.

Post a Comment for "Apa itu GTM ? Penyebab dan Cara Mengatasi GTM pada Anak"