Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mekanisme Menyelam dan Mengapung pada Kapal Selam

Kapal selam merupakan kapal yang unik karena bisa mengapung dan menyelam di air sesuai kebutuhan, proses pembuatan kapal selam pertama kali di gunakan untuk keperluan perang dan masih sangat sederhana.

Sumber Gambar : SindoNews

Namun seiring perkembangan zaman, selain digunakan untuk perang, kapal selam juga di gunakan untuk penelitian di bawah air.

Fungsi menyelamnya pada kapal selam yaitu menyerang musuh dari bawah laut karena musuh di permukaan darat atau laut tidak mampu mendeteksi adanya kapal selam. Apabila tidak terdeteksi maka kapal selam meluncurkan rudal keudara atau torpedo dari dalam laut sehingga kapal dan pesawat musuh dapat dihancurkan.

Mekanisme menyelam dan mengapung kapal selam menggunakan Hukum Archimedes (+250 SM) yaitu Jika suatu benda dicelupkan ke dalam
sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat gaya keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut.

Dikutip dari Wikipedia bahwa Kapal selam atau kapal laut bisa mengapung karena berat air yang dipindahkannya sama dengan berat kapal itu sendiri sehingga menciptakan sebuah gaya ke atas yang disebut gaya apung atau buoyancy force.

Kapal selam bisa mengatur gaya apungnya, sehingga bisa membuatnya tenggelam dan muncul ke permukaan sesuai keperluan. Untuk mengatur gaya apung tersebut, kapal selam menggunakan tangki-tangki pemberat dan tangki-tangki pelengkap atau penyeimbang yang bisa diisi dengan air maupun dengan udara.

Ketika kapal selam berada di permukaan, tangki pemberat terisi dengan udara sehingga massa jenis keseluruhan kapal selam menjadi lebih kecil dari pada massa jenis air di sekelilingnya.

Ketika kapal menyelam, tangki pemberat dipenuhi dengan air, sedangkan udara yang ada di dalam tangki pemberat tersebut dikeluarkan dari kapal selam sampai massa jenis keseluruhannya menjadi lebih besar dari pada massa jenis air di sekelilingnya sehingga kapal selam akan mulai tenggelam.

Ketika kapal hendak mengapung, tangki pemberat yang dipenuhi dengan air dikeluarkan dari kapal selam dengan cara melepaskan udara bertekanan tinggi dari kompresor hingga massa jenis keseluruhannya menjadi lebih kecil daripada massa jenis air disekelilingnya sehingga kapal selam mulai mengapung kembali.

Post a Comment for "Mekanisme Menyelam dan Mengapung pada Kapal Selam"